Sunday, 1 December 2013

MENGAPA SINKRONISASI DATA BISA GAGAL ?

No comments
Kesimpulan: Kesalahan pada pengguna (sekolah) bukan pada penyedia sistem. 

Tanggal : 22-01-2013 21:37, dibaca 1327 kali.
Proses pendataan online pendidikan menengah sangat ditentukan oleh proses sinkronisasi sumber data di sekolah dengan server yang telah disediakan oleh Ditjen Dikmen. Salah satu kendala teknis yang sangat krusial dan banyak dikeluhkan oleh sekolah dalam proses pendataan online pendidikan menengah adalah kegagalan dalam proses sinkronisasi ini.

Berikut adalah sejumlah kemungkinan penyebab teknis kenapa sinkronisasi itu mengalami kegagalan dan bagaimana langkah yang harus diambil untuk menghindari gagal sambung itu :

1. Sekolah masih menggunakan software PAS yang lama. Untuk itu harus dilakukan upgrade dari software lama ke software yang lebih baru. Misalnya :

a. Untuk PAS SMA versi 5.3 bisa diupgrade dengan melakukan patching yaitu dari patch 5.3 ke patch 6.0, dari patch 6.0 ke pacth 6.1 dan seterusnya sampe ke patch terakhir, dan SI Integratornya menggunakan versi terbaru. Aplikasi patching PAS-nya bisa didownload di situs pendataan dikmen dengan alamat : http://pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id/

b. Untuk sekolah yang baru menggunakan PAS dan sinkronisasi data (SI INTEGRATOR), diharapkan menggunakan aplikasi PAS dan SI Integrator versi terbaru. Silahkan download di situs pendataan dikmen http://pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id/

2. Sekolah menggunakan proxy server

Dari beberapa rangkaian uji coba yang telah dilakukan, dapat disimpulkan penyebab kegagalan sinkronisasi sebagian besar dikarenakan koneksi internet yang melalui Proxy Server. Lalu lintas sinkronisasi data antara computer /server sekolah dengan server Dikmen terganggu dan tidak lancar karena Proxy Server yang digunakan di sekolah melakukan fungsi Cache, melakukan penyimpanan data sementara sehingga data yang terkirim tidak lengkap atau bahkan tidak terkirim sama sekali terutama untuk data PTK dan Siswa.

Untuk menghindari hal itu, maka sekolah harus melakukan hubungan langsung /direct connection ke jaringan internet yang tidak melalui proxy server.

3. Salah satu atau lebih data-entry yang error.

Untuk mengatasi data PTK dan Siswa bisa sinkronisasi dengan sempurna, yang perlu diketahui adalah :

A. Data PTK :

Untuk Data PTK harus sudah dientrikan : Biodata_Pegawai, Riwayat Pangkat dan Riwayat Jabatan secara utuh. Jika hanya mengentrikan biodata_pegawai saja, misalnya, maka proses sinkronisasi data PTK tidak akan berhasil.

B. Data Siswa :

Untuk sinkronisasi data siswa, yang perlu dientrikan : Biodata_Siswa kemudian penempatan siswa ke rombel masing-masing. Jika hanya mengentrikan biodata siswa, maka data siswa tersebut tidak berhasil sinkronisasi.

Jika masih ada kendala silahkan sms/telp. call center pendataan dikmen di nomor 088809113493 - 08889025129 atau email : pendataandikmen@yahoo.com

Sumber: http://pendataan.dikmen.kemdikbud.go.id/sipdikmen/html/index.php?id=artikel&kode=58
Custom Search
Comment using:
or

No comments: