Friday, 13 December 2013

Mengatasi Invalid dapodik yang tidak mau berkurang

No comments
Di sela-sela kesibukan saya dalam menginput data-data terkait sekolah ke dalam aplikasi Dapodikdas 2013 ini, saya akan sempatkan untuk berbagi/share pengalaman kurang menyenangkan (jelasnya, saya itu kurang pengalaman, hehehe…), mungkin di antara teman-teman OPS ada yang mengalami kejadian seperti yang saya alami, yakni data invalid tidak berkurang (tidak berubah), padahal pada bagian yang dinyatakan “invalid” pada halaman “Validasi” aplikasi Dapodikdas 2013/2014 tersebut sudah diinput atau diedit dengan seoptimal mungkin. Oleh karena itulah saya tergugah untuk menulis artikel singkat mengenai tips/solusi bagaimana mengatasi “invalid” yang tidak berkurang ini.

Oke langsung saja, karakter penyimpanan dalam aplikasi Dapodikdas 2013/2014 pada setiap bagian-bagiannya berbeda-beda, contohnya sistem penyimpanan satu kolom isian langsung di “Save” (simpan), contohnya : edit PTK, dan ada pula yang karakter penyimpanannya dalam satu baris sekaligus (setelah seluruh kolom isian sudah terisi, baru dapat disimpan), contohnya pada “Tambah Rombel”). Tentu hal ini sifatnya tidak mutlak bukan? Mungkin sebagian besar teman-teman OPS tidak mengalami seperti apa yang telah saya alami ini bukan…? Kembali lagi, saya adalah OPS yang kurang pengalaman, namun tetap mau untuk terus belajar kok.

Waktu saya mengalami kejadian ini (invalid tetap tidak berkurang atau tidak berubah) setelah divalidasi pada halaman beranda aplikasi Dapodikdas 2013/2014, saat itu salah satu PTK yang telah saya input seluruh data-datanya pada aplikasi Dapodikdas 2013/2014 dan tentu saja telah saya simpan / “Save”, namun kembali dan kembali lagi di validasi tetap dinyatakan invalid pada kolom TMT dan SK CPNS, dan di sinilah saya bolak-balik cek ke halaman edit PTK yang bersangkutan (PTK yang sudah aktif tentunya), ternyata memang sudah terisi semua, dan akhirnya saya jadi bingung. Sempat browsing ke sana kemari, namun belum juga ketemu dengan solusi, selanjutnya dengan penuh spekulasi, saya klik “logout”, klik “login lagi”, klik “PTK”, klik pilih salah satu PTK, klik “Ubah”, langsung saya input ulang “SK CPNS” – lalu klik “SAVE”, input ulang “TMT CPNS” – lalu klik “SAVE”, input ulang “TMT PNS” – lalu klik “SAVE” lagi.

Kemudian saya cek lagi pada halaman utama aplikasi Dapodikdas 2013/2014, dan ternyata dalam data invalidnya “PTK bersangkutan telah valid (tidak ada lagi keterangan invalid PTK tersebut), alhamdulillah.
Jadi intinya, apabila di antara teman-teman OPS ada yang mengalami kejadian seperti ini, salah satu solusinya adalah dalam setiap input data khususnya PTK dan Peserta Didik diinput satu demi satu dengan di klik “Simpan” / “Save” pada setiap kolom isiannya (setelah isi satu kolom isian, klik “Save” / “Simpan”, begitu seterusnya), tentu saja ini perlakuan ini hanya untuk beberapa data “PTK” ataupun “Peserta Didik” yang ada dalam daftar “Invalid” setelah “divalidasikan”.

Custom Search
Comment using:
or

No comments: